-->

5 Penyebab Pengajuan KUR BRI ditolak Serta Solusinya 2021

 Diembae.com - Pengajuan KUR BRI ditolak? Inilah penyebab serta solusinya.

KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Program KUR ini sangat membantu masyarakat atau nasabah BRI yang membutuhkan tambahan modal untuk usaha.

Suku bunga yang di tawarkan KUR BRI terbilang kecil jadi sangat cocok untuk nasabah yang bergerak dalam bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

Banyak sekali nasabah yang terbantu dengan adanya program KUR ini. Mereka bisa mengajukan pinjaman modal untuk usahanya dengan bunga yang relatif kecil.

Tak heran jika saat ini program KUR banyak diminati oleh nasabah yang memiliki usaha kecil. Hampir setiap hari ada nasabah yang mengajukan pinjaman KUR.

Namun, tak sedikit nasabah yang mengalami kendala saat mengajukan pinjaman. Seperti di tolak atau tidak di acc. Lalu apa penyebab pengajuan KUR BRI ditolak? Ini penyebab dan solusinya.

Penyebab Pengajuan KUR BRI ditolak

Pengajuan KUR yang dilakukan nasabah tidaklah serta merta langsung di setujui. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi agar program KUR yang diajukan dapat disetujui.

Jika anda mengalami pengajuan KUR yang ditolak, berikut beberapa faktor penyebabnya:

1. Memiliki Riwayat Pinjaman yang Buruk

Memiliki riwayat pinjaman yang buruk akan mempengaruhi pengajuan pinjaman apapun, termasuk pengajuan KUR BRI.

Riwayat pinjaman buruk biasanya ditandai dengan sering menunggak atau kurang lancar dalam setiap tagihan.

Solusinya yaitu anda harus membangun kembali kepercayaan bank BRI dengan membayar semua tagihan tepat waktu.

2. Dokumen Kurang Lengkap

Jika dokumen yang anda lampirkan tidak lengkap, maka secara otomatis pengajuan KUR BRI anda akan di tolak karena tidak memenuhi syarat.

Solusinya harus melengkapi semua persyaratan dari mulai identitas pribadi hingga dokumen pendukung seperti slip gaji dan Surat Izin Usaha.

3. Jumlah Pinjaman Terlalu Besar

Jika anda mengajukan pinjaman dengan jumlah yang besar dan melebihi batas dari jaminan, maka otomatis pengajuan KUR akan di tolak.

Solusinya yaitu dengan mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu besar namun mencukupi.

4. Tidak Ada Kegiatan Usaha

Agar pengajuan KUR BRI tidak ditolak, setidaknya anda harus memiliki usaha yang minimal sudah berjalan selama 6 bulan. Jika tidak, maka pengajuan KUR akan ditolak.

Solusinya yaitu anda harus menjalankan usaha setiap harinya meskipun kecil-kecilan. Agar ketika pihak Bank melakukan survei, usaha anda terpantau memiliki kegiatan dan tetap berjalan.

5. Jaminan Tidak Memenuhi Syarat

Jika anda memberikan jaminan yang tidak memenuhi syarat maka pengajuan akan otomatis di tolak.

Solusinya yaitu dengan memastikan bahwa anda memberikan jaminan yang lengkap sesuai dengan syarat yang berlaku. Jumlah pinjaman juga jangan melebihi batas dari jaminan jadi harus disesuaikan.

Jadi agar pengajuan pinjaman KUR BRI anda di terima, pastikan semua persyaratan lengkap dan persiapkan semua dengan cermat dan teliti.

Demikianlah informasi mengenai penyebab pengajuan KUR BRI ditolak beserta solusinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2