-->

Penyebab dan Cara Mengatasi Rekening BCA Dormant dan Tidak Aktif

 Diembae.com - Penyebab dan cara mengatasi rekening BCA Dormant dan tidak aktif.

Saat ini perusahaan perbankan di Indonesia sangat banyak, baik itu Bank Nasional maupun Bank Daerah. Sehingga memungkinkan seseorang memiliki lebih dari satu rekening, baik itu Bank yang sama maupun berbeda-beda.

Di antara beberapa rekening bank yang dimiliki, mungkin ada salah satu rekening yang jarang digunakan untuk transaksi atau menabung, sehingga menyebabkan rekening tersebut dormant atau tidak aktif.

Dalam kesempatan kali ini, Diembae.com akan menyajikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi rekening BCA dormant dan tidak aktif.

Penyebab Rekening BCA Dormant

Bukan tanpa alasan rekening BCA berstatus dormant, penyebabnya yaitu tidak adanya transaksi selama 6 bulan berturut-turut.

Pada Bank lain, rekening Dormant disebut rekening pasif, lain halnya pada Bank BCA yang di sebut rekening dormant atau rekening BCA mati suri. 

Namun pada dasarnya tetap saja yaitu rekening yang sudah tidak ada aktivitas transaksi seperti transfer, cek saldo, pembelian, pembayaran tagihan dan lain-lain, hanya saja berbeda dalam penyebutan.

Rekening BCA Dormant bukan berarti tidak memiliki saldo, akan tetapi di dalam rekening Dormant tentu masih tersedia saldo minimal sesuai ketentuan dari masing-masing rekening tabungan BCA. Berikut saldo minimal dari rekening BCA:

  • Saldo mata uang Rupiah minimal Rp. 10.000.000.
  • Saldo mata uang Dollar Amerika US$1.000.
  • Saldo mata uang Dollar Australia minimal AU$2.000.
  • Saldo mata uang Dollar Singapura minimal US$2.000.
  • Saldo mata uang Euro minimal EU€1.000.
  • Saldo mata uang Hong Kong minimal HK$8.000.
  • Saldo mata uang Poundsterling minimal GBP£1.000.
  • Saldo mata uang Renminbi China minimal RMB¥7.000.
  • Saldo mata uang Yen Jepang minimal JP¥150.000.
Berbeda dengan jenis rekening Tabunganku, Simpanan Pelajar, dan Rekening Virtual Account akan Dormant otomatis jika tidak melakukan transaksi dalam periode tertentu tanpa melihat saldo minimal.

Apabila rekening BCA Anda telah Dormant limit transaksi Anda akan dibatasi sesuai batas limit transaksi harian dan Anda hanya dapat melakukan transaksi finansial di ATM, BCA Mobile, m-BCA STK, dan klik BCA.

Penyebab Rekening BCA Tidak Aktif

Penyebab rekening BCA tidak aktif tentu berbeda dengan rekening dormant. Rekening tidak aktif disebabkan karena rekening BCA tidak bersaldo dan tidak ada aktivitas transaksi selama 6 bulan bertutut-turut.

Rekening Tahapan, Tahapan Expresi, Tapres, Tabunganku, BCA Dollar, bahkan Rekening Giro akan otomatis di tutup oleh sistem Bank BCA apabila telah bersaldo Rp. 0 dan tidak melakukan aktivitas transaksi selama 6 bulan berturut-turut. 

Mengapa bisa bersaldo Rp. 0 ?

Itu disebabkan karena Anda tidak pernah melakukan penyetoran, sehingga saldo yang tersisa akan terpotong tiap bulannya untuk biaya administrasi sampai saldo Anda Rp. 0.

Untuk Rekening Simpanan Pelajar akan di tutup otomatis apabila telah Dormant dan memiliki saldo dibawah Rp. 5.000 atau sama dengan Rp. 5.000.

Apabila rekening Anda telah berstatus tidak aktif, maka Anda sudah tidak bisa melakukan transaksi apapun.

Cara Mengatasi Rekening BCA Dormant dan Tidak Aktif

Untuk mengatasi Rekening Dormant dan Tidak Aktif Anda bisa melakukan langkah berikut:

  • Siapkan persyaratan berupa Buku Rekening, Kartu ATM, dan KTP.
  • Kunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa persyaratan di atas.
  • Ambil nomor antrian dengan tujuan Customer Service.
  • Jika sudah mendapat giliran, datangi petugas Customer Service dan sampaikan tujuan Anda.
  • Pihak Bank akan memproses. 
  • Selesai.
Cara Mengetahui Status Rekening Dormant atau Tidak Aktif
  • Cara pertama coba lakukan transfer dari rekening lain ke rekening Anda, jika tidak sukses kemungkinan rekening sudah tidak aktif.
  • Cara kedua dengan menghubungi Call Center BCA di nomor 1500888.
  • Cara ketiga dengan mengunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat, jika memang sudah tidak aktif Anda bisa langsung mengaktifkan kembali.
Kesimpulan
Rekening Dormant: Memiliki saldo minimal, tapi tidak melakukan aktivitas transaksi selama 6 bulan berturut-turut.

Rekening Tidak Aktif: Tidak memiliki saldo (Saldo Rp. 0) dan tidak melakukan aktivitas transaksi selama 6 bulan berturut-turut.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi rekening dormant dan tidak aktif yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2