-->

Apa Penyebab Error Penyalahgunaan Kartu Harap Ambil Kartu Anda pada ATM BNI?

 Diembae.com - Apa penyebab muncul error Penyalahgunaan Kartu? Bagaimana cara mengatasinya?

Banyak sekali Bank yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Bank BNI.

Bank BNI memiliki kartu ATM yang diberikan kepada nasabah untuk mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi perbankan.

Kartu ATM sangat penting untuk dimiliki mengingat saat ini adanya peraturan untuk tidak berkerumun, jadi dengan adanya kartu ATM nasabah tidak perlu berkerumun mengantri di kantor cabang hanya untuk melakukan penarikan tunai, transfer, atau pembayaran beberapa tagihan.

Namun terkadang pada saat hendak digunakan muncul keterangan error pada layar mesin ATM sehingga tidak dapat melanjutkan transaksi. Keterangan error tersebut salah satunya adalah "Penyalahgunaan Kartu, Harap Ambil Kartu Anda".

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan panik karena kami akan memberikan informasi mengenai penyebab error "Penyalahgunaan Kartu" dan cara mengatasinya.

Penyebab Error Penyalahgunaan Kartu

1. Terindikasi Pencurian Data ATM

Apabila Kartu ATM anda muncul error tersebut, kemungkinan adanya indikasi penyalahgunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga Bank BNI mengambil langkah untuk mengamankan data nasabah dengan melakukan pemblokiran ATM.

2. Kartu ATM Kedaluwarsa/Expired

Penyebab muncul error penyalahgunaan kartu kedua yaitu diakibatkan masa aktif kartu ATM Anda telah kedaluwarsa. Untuk mengetahui masa aktif kartu ATM, Anda dapat melihatnya di kartu ATM tersebut karena sudah tertulis dengan jelas.

Jika kartu ATM anda sudah expired maka Anda tidak bisa melanjutkan transaksi karena kartu ATM akan dikeluarkan secara otomatis. Untuk mengatasi kartu ATM expired Anda cukup mengunjungi kantor cabang terdekat untuk menggantinya dengan kartu ATM yang baru.

3. Gangguan pada Jaringan ATM BNI

Jika kartu ATM BNI Anda menampilkan keterangan "penyalahgunaan kartu" namun kartu belum masa kedaluwarsa/expired, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh gangguan jaringan ATM BNI.

Untuk memastikan bahwa jaringan ATM BNI tersebut sedang mengalami gangguan, silahkan Anda coba mengunjungi gerai ATM BNI yang lain. Apabila masih muncul error "penyalahgunaan kartu" maka cobalah secara berkala.

Cara Mengatasi Error Penyalahgunaan Kartu 

  • Pastikan kartu ATM BNI anda belum expired dan jaringan ATM tidak sedang gangguan.
  • Hubungi call center BNI di nomor 1500046 untuk cek status rekening.
  • Jika dalam pengecekkan Customer Service BNI menemukan status kartu ATM tidak aktif atau terblokir, maka Anda akan disarankan mengunjungi kantor cabang Bank BNI terdekat dengan membawa kartu identitas/KTP, kartu ATM, dan buku rekening.
  • Apabila buku rekening Anda hilang, maka Anda harus mengurus terlebih dahulu nSurat Keterangan Hilang di kantor kepolisian.
  • Apabila persyaratan yang dibutuhkan sudah terkumpul, maka selanjutnya kunjungi kantor cabang Bank BNI.
  • Ambil nomor antrian dengan tujuan Customer Service.
  • Jika sudah tiba giliran, hampiri Customer Service dan sampaikan tujuan Anda.
  • Customer Service akan dengan senang hati membantu Anda.
  • Customer service akan menanyakan beberapa hal untuk verifikasi.
  • Apabila data verifikasi sesuai, maka customer service akan memptoses pengaktifan kembali kartu ATM Anda.

Demikianlah informasi mengenai penyebab error penyalahgunaan kartu ATM BNI beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2