-->

Arti Kode BPNT Tidak Cair dan Cara Mengatasinya

 Diembae.com - Arti kode BPNT tidak cair dan cara mengatasinya.

Bantuan Pangan Nontunai atau disingkat BPNT adalah salah satu bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Bantuan sosial ini dilakukan untuk menanggulangi kemiskinan. Penyaluran bantuan sosial ini menggunakan kartu elektronik yang bertujuan agar efisien dan tepat sasaran.

Namun dalam pencairannya terkadang terdapat beberapa kendala seperti munculnya kode-kode error.

Berikut sebagian informasi mengenai BPNT  yang tidak bisa cair terkait beberapa kode yang muncul dan solusinya.

1.     Kode 30  Format Error

Solusinya:  Jika anggota KPM mengalami hal ini maka anggota harus memperbaharui PIN KKS nya untuk dapat mencairkan bansos tersebut.

2.      Kode 14 Proses Pemadaman Data

Solusinya: Masalah kode 14 ini bisa di selesaikan dengan anggota KPM dengan hanya menunggu hingga data nya sudah padan sebagai kpm BPNT.

3.      Kode 62 pada KKS yang baru

Solusinya: Anggota KPM wajib untuk melakukan aktivasi ulang pada kartu mereka.

4.      Kode 06 Perlu Inject KKS

Solusinya:  Para anggota KPM harus ke pendamping TKSK untuk dilihat dahulu apakah nama nya masuk di form control jika ada nama nya minta bantuan pendamping untuk mengurus inject KKS ke bank penyalur.

Jadi inti nya ketika KPM menggesek KKS nya ke agen e-warung hendaknya ikut menyaksikan apa yang terjadi di mesin link agen nya sebab dari situlah permasalahan yang muncul kenapa tidak cair dengan adanya kode transaksi gagal yang muncul dan menyebabkan bantuan BPNT tidak bisa cair juga.

Itulah informasi mengenai arti kode BPNT tidak cair dan cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2