Perbedaan Dan Apa Itu Internet Banking, Mobile Banking, Dan SMS Banking

Pengertian, Perbedaan Dan Apa Itu Internet Banking, Mobile Banking, Dan SMS Banking Pada BRI, BNI, BCA, Mandiri DLL - Dengan adanya kemajuan intenet dan telekomunikasi yang semakin berkembang kini proses finance perbankan lebih mudah dilakukan dengan disediakannya layanan yang dapat mempermudah proses transaksi keuangan. layanan tersebut berupa sms banking, internet banking, dan mobile banking yang mana memiliki kegunaan yang hampir sama tetapi untuk proses menjalankannya sedikit berbeda.


Ketiga layanan tersebut adalah bagian dari e-banking yang merupakan singkatan electronik banking. Nah bagi yang belum tahu apa itu e-banking ? jadi ebanking merupakan transaksi perabankan yang dapat dilakukan dengan smartphone atau telpon pintar atau pun laptop dan komputer untuk bisa mengakses internet banking (i-banking) asalkan tersedia pulsa/ jaringan internet.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut sebelumnya harus terdaftar dahulu menjadi nasabah dan membuka tabungan terlebih dahulu baik di bank BRI, BNI, BCA, Mandiri, Cimb Niaga dan bank lainnya. Dan jika sudah terdaftar menjadi nasabah selanjutnya adalah mendaftar untuk masing-masing layanan tersebut sesuai yang ingin digunakan. Untuk cara daftar sms banking, internet banking, dan mobile banking bri, bni, bca, mandiri, dll dapat langsung datang ke layanan customer service ( cs ) setiap bank, atau bisa juga melalui mesin ATM.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai ketiga perbedaan layanan tersebut mari simak dibawah ini :

2. SMS Banking.

Layanan ini merupakan layanan yang satu-satunya tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Tetapi disini agar bisa digunakan harus membutuhkan pulsa setiap kali transaksi.

Besar biaya pulsa yang digunakan tergantung dari setiap bank yang besangkutan.

Untuk cara menggunakan layanan sms banking yaitu dengan cara mengirim perintah sms dan di kirim ke operator yang telah disediakan setiap bank. Tetapi sayangnya untuk layanan ini masih memiliki keterbatasan dalam proses transaksinya. layanan ini bisa digunakan untuk melihat informasi rekening, mutasi, transfer, pembelian dll.

Kelebihan sms banking adalah layanan ini dapat digunakan oleh hp apapun termasuk hp jadul sekalipun asalkan bisa mengirim sms.

2. Mobile Banking.

Sama hal nya dengan sms banking, layanan mobile banking juga harus menggunakan smartphone. Tetapi pada layanan ini hp jadul tidak bisa lgi digunakan tetapi harus mengggunakan smartphone atau ponsel pintar. nasabah yang ingin menggunakan layanan mobile banking harus terlebih dahulu menginstal aplikasi m-bangking agar bisa menggunakannya.

Pada layanan ini nasabah harus mempunyai koneksi internet/ kuota agar bisa mengaksesnya. untuk sebagian bank yang masih menerapkan kode otp yang dikirim ke nomor ponsel yang telah terdaftar terkadang masih dikenakan biaya pulsa.

layanan mobile banking bisa digunakan untuk keperluan mengecek informasi rekening, cek saldo, mutasi rekening, transfer sesama rekening maupun antar bank, melakukan pembayaran dan pembelian dan lainnya.

3. Internet Banking.

Yang terakhir adalah layanan i-banking atau internet banking. Layanan ini adalah layanan yang sudah hampir memiliki fitur lengkap layaknya ATM, hanya saja yang belum bisa dilakukan adalah tarik tunai.

Untuk bisa menggunakan layanan ini yang terpenting adalah harus mempunyai jaringan internet, walapaupun anda berada dimanapun asalkan mempunyai akses browser yang bisa dibuka di laptop, komputer, smartphone, tablet dll anda masih bisa melakukan transaksi.

Untuk transaksi finansial semuanya hampir bisa dilakukan, kecuali tadi tarik tunai belum bisa.

Nah itulah perbedaan dari m-banking, sms banking, dan internet banking yang bisa diembae.com sampaikan. anda dapat memilih salah satu layanan tersebut untuk digunakan, bahkan jika mau anda bisa menggunakan semua layanan tersebut. Jika di tanya lebih enak menggunakan yang mana itu tergantung dari kebutuhan masing-masing tentunya.

Penutup

Dan yang paling penting jika anda sudah selesai menggunakan layanan mobile banking dan internet banking harap langsung logout dari aplikasi maupun browser dan jangan gunakan jaringan internet sembarangan.