-->

Penyebab Transaksi Gagal Pada Mesin ATM


Diembae.com - Dengan bertransaksi menggunakan ATM atau Mobile Banking, nasabah tentu akan merasa lebih nyaman karena sangat praktis. Transaksi tersebut lebih praktis karena kita tidak perlu mengantri di kantor bank dan bisa transaksi dimanapun dan kapanpun.

Namun dibalik kelebihan tersebut, sering kali terjadi permasalahan baik itu di sebabkan oleh sistem perbankan maupun kelalaian dari nasabah itu sendiri.

Transaksi yang bermasalah akan membuat kita panik akan keselamatan uang yang ada pada rekening.

Berikut adalah penyebab transaksi gagal pada mesin ATM:

1. ATM TERBLOKIR

Jika anda salah memasukan NO PIN sebanyak tiga kali maka sistem perbankan akan otomatis memblokir kartu ATM anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah orang lain supaya tidak menyalagunakan kartu anda.

2. KARTU ATM TERTELAN

Ketika anda sudah melakukan transaksi, namun anda lupa untuk mengakhiri pilihan menu dan meninggalkan mesin ATM, maka secara otomatis kartu ATM anda akan tertelan dalam hitungan detik. Hal tersebut bertujuan supaya tidak di salah gunakan oleh orang lain yang akan bertransaksi berikutnya.

3. UANG TERTELAN

Ketika anda sedang menarik uang di ATM dan tiba tiba uang tertelan kembali ke mesin ATM. Hal tersebut sama dengan kartu tertelan, ini merupakan proteksi otomatis oleh mesin ATM dikarenakan terlalu lama mengambil uang yang sudah lama keluar dari mesin.

4. SALDO TERPOTONG TAPI UANG TIDAK KELUAR

Jika terjadi hal tersebut, anda tidak perlu panik. Anda cukup membuat laporan ke Bank dan selanjutnya Bank akan mengembalikan uang tersebut ke rekening anda setelah meneliti kebenaran transaksi.

5. TRANSAKSI TIDAK DAPAT DI PROSES

Jika tiba tiba muncul tulisan "transaksi tidak dapat di proses" di layar ATM, anda tidak perlu panik. Mungkin sedang terjadi gangguan transaki di sistem IT bank jika sudah di coba berulang kali di coba tetapi tetap sama sebaiknya anda jangan melakukan transaki daripada terjadi hal hal yang merugikan.

Itulah beberapa penyebab transaksi gagal pada mesin ATM. Sebenarnya masih banyak penyebab transaksi gagal pada mesin ATM. Tapi yang sering terjadi adalah masalah yang sudah diembae.com paparkan diatas. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2