-->

Rahasia Resep Semur Jengkol Betawi Empuk

Diembae.com - semur jengkol, siapa yang tidak tau dengan salah satu makanan khas sunda ini. Rasanya yang enak, gurih, empuk dan kuahnya yang kental membuat makanan ini sangat cocok untuk di hidangkan pas waktu makan siang.



Selain rasanya yang enak, setelah anda mengonsumsi semur jengkol anda akan merasakan bau mulut yang tidak sedap. Setelah anda mengonsumsi semur jengkol, tetapi jangan khawatir bau mulut tersebut bisa hilang dengan cara memakan timun mentah dan menggosok gigi.

Anda juga bisa menghilangkan bau jengkol dengan cara merebus jengkol dengan daun jambu biji sebelum jengkolnya di masak. Cara ini sangat aman dan tidak mengurangi rasa kas jengkolnya. Sehingga banyak sekali ibu - ibu yang memakai cara ini untuk menghilangkan bau jengkol setelah di konsumsi.

Disini juga saya akan memberikan rahasia resep semur jengkol betawi empuk, yang  bisa anda coba di rumah berikut ini adalah langkah langkahnya.

Bahan dan Bumbu yang harus di siapkan

1. 750 gram jengkol
2. 4 lembar daun salam
3. 5 butir cengkeh
4. 2 lembar daun jeruk
5. 1 batang serai
6. 2 cm lengkuas
7. Kecap manis
8. air secukupnya
9.  1/2 sendok kaldu bubuk
10. 1/2 sendok ladal bubuk
11. 1/2 sendok garam
12.  20 lembar daun jambu biji
13. Minyak secukupnya
14. 7 cabe merah besar ( haluskan )
15. 10 butir bawang merah (haluskan)
16. 6 butir kemiri (haluskan)
17. 3 butir bawang putih (haluskan)

Cara Membuat Semur Jengkol Betawi

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah kupas kulit jengkol dan cuci sampai bersih. Jika anda menginginkan semur jengkol tidak bau saat di konsumsi, rebus semur jengkol dengan 20 lemar daun jambu selama 30 menit, setelah itu buang daun jambu dan air rebusannya. Cuci kembali jengkol dan rebus kembali menggunakan air bersih selama 60 menit.

2. Langkah kedua yaitu tiriskan jengkol yang sudah di rebus dan geprek - geprek hingga jengkol yang berbentuk lingkaran terbelah.

3. Langkah ketiga yaitu tumis bumbu yang dihaluskan, cengkeh, daun jeruk, daun salam,serai dan lengkuas hingga tercium harumnya. Kemudian masukan jengkol dan air secukupnya aduk - aduk hinga rata. Setelah mendidih berikan pala, lada, kaldu bubuk, garam, kecap dan aduk hingga rata.

4. Setelah kuahnya mengental, berarti semur jengkol sudah matang dan siap untuk di hidangkan.

Itulah rahasia resep semur jengkol betawi empuk yang diembae.com tulis. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Iklan Tengah Artikel 2