-->

Arti Kode Error Bank BTN dan Cara Mengatasinya

Diembae.com - Seperti yang telah kita ketahui, Bank Tabungan Negara (BTN) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perbankan. Bank BTN berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga poko utama yaitu perbankan perseorangan, bisnis, dan syariah.


Bank BTN memberikan solusi tabungan transaksional dengan kemudahan transaksi pembelian dan pembayaran melalui chanel Bank BTN untuk menunjang aktivitas keuangan keluarga. 

Berikut adalah fasilitas yang di sediakan Bank BTN:

  1. Penyetoran dan penarikan di semua Outlet Bank BTN, kantor POS maupun ATM.
  2. Memberikan fasilitas berupa Mobile Banking dan Internet Banking.
  3. Kartu ATM Visa untuk transaksi dimana saja tanpa batas.
  4. Fasilitas Kartu ATM Suka-suka.
  5. Pembukaan rekening dapat dilakukan online melalui BTN Open Account.
  6. Setoran mudah dengan Cash Deposit Machine.
Dibalik kemudahan-kemudah yang diberikan bank BTN kepada nasabah, namun ada saja kendala yang di alami nasabah pada Mobile Banking dan Internet Banking nya. Baik itu pada saat proses pendaftaran maupun proses login dan transaksi.

Baca Juga:

Berikut adalah arti kode error Bank BTN yang sering terjadi beserta solusinya:

Pada Proses Pendaftaran

  1. Pada layar ATM ada keterangan "Maaf no anda belum terdaftar, segera ke kantor BTN terdekat". Solusi: Segera kunjungi kantor BTN terdekat dengan tujuan ke Customer Service untuk melakukan update data nasabah dan registrasi layanan BTN Mobile Banking.
  2. SMS Generic Failure - Allow SMS Premium Solusi: Buka pengaturan pada smartphone anda, pilih manajemen aplikasi, lalu pilih izin aplikasi, klik "izin SMS". Setting enable SMS untuk aplikasi BTN Mobile Banking dan Allow SMS Premium pada menu Setting-Apps-Special Acces-Use Premium Text Massage Service.
  3. Saat Login ada keterangan "Kartu SIM Tidak Cocok" Solusi: Lakukan pengaturan default pesan text dan panggilan ke SIM terdaftar atau lakukan pemindahan slot fisik SIM Card.
  4. Kartu SIM Tidak Cocok atau "SMS Generic Failure" Solusi: Pastikan nomor yang anda daftarkan pulsa SMS Premium mencukupi dan atur default SMS dan panggilan ke SIM terdaftar apabila perangkat yang digunakan mendukung Dual SIM.
  5. Provis Error Solusi: Pastikan nomor yang anda daftarkan pulsa SMS Premium mencukupi dan atur default SMS dan panggilan ke SIM terdaftar apabila perangkat yang digunakan mendukung Dual SIM.
  6. Aktivasi Gagal Solusi: Jika smartphone Anda mendukung Dual SIM, mohon lakukan pengaturan default pesan text dan panggilan ke SIM terdaftar atau hubungi layanan Contact Center BTN 1500286.
  7. Smartphone root tidak bisa aktivasi BTN Mobile Banking Solusi: Dalam rangka standarisasi keamanan bertransaksi, BTN Mobile Banking saat ini belum mendukung perangkat rooted.
  8. Smartphone saya tidak root, tapi terindikasi root Solusi: Jika Smartphone anda pernah dilakukan root service atau tune up, maka lakukan pengembalian pengaturan smartphone sebagaimana sebelum terindikasi root dan uninstall aplikasi yang terindikasi sebagai aplikasi root.

Proses Login dan Transaksi
  1. Gagal transaksi, saldo terdebet Solusi: Segera hubungi layanan Contact Center BTN 1500286 apabila saat ini saldo belum terkoreksi.
  2. Ada notifikasi "Login Error" Solusi: Tunggu dan coba kembali beberapa saat, kemungkinan adanya gangguan provider. Namun jika masih ditemukan kendala login, lakukan uninstall dan aktivasi ulang aplikasi dengan menghapus terlebih dahulu aplikasi lama atau hubungi Contact Center BTN 1500286.
  3. Ada notifikasi "Password Salah" Solusi: Lakukan aktivasi ulang aplikasi (salah password sebanyak 3 kali akan menampilkan permintaan aktivasi) atau lakukan uninstall aplikasi.
  4. "Error MBB2009" ketika cek saldo Solusi: Lakukan unregistrasi layanan kemudian registrasi ulang layanan melalui ATM atau petugas Customer Service BTN karena nasabah terindikasi Closed atau Dormant.
  5. Pembelian pulsa kartu Axis Solusi: Jika anda hendak membeli pulsa Axis, maka bisa dilakukan melalui pembelian prepaid XL.
  6. Rekening yang tampil tidak update, beberapa rekening tidak muncul Solusi: Lakukan unregistrasi layanan kemudian registrasi ulang layanan melalui ATM atau petugas CS Bank BTN karena rekening pembukaan baru belum dapat ter-update otomatis.
  7. Tombol-tombol tidak bisa di klik Solusi: Uninstall aplikasi, kemudian download ulang aplikasi BTN Mobile Banking dari layanan resmi Google Playstore versi terbaru.
  8. Bayar pajak tidak dapat NTPN Solusi: Silahkan hubungi layanan Contact Center BTN 1500286 dengan menyampaikan Kode Billing pembayaran pajak dan data-data pendukung lainnya. 
  9. Token PLN Prepaid tidak diperoleh, dana terdebet Solusi: Hubungi layanan Contact Center  dengan menyampaikan data nomor meter atau ID pelanggan PLN prepaid.
  10. mToken pada Iphone tidak terkirim Solusi: Pastikan saldo pulsa mencukupi.
  11. Kesulitan login pada smartphone Iphone Solusi: Lakukan penutupan pada beberapa aplikasi yang sedang berjalan bersamaan. Apabila masih terdapat kendala login, lakukan restart power pada smarphone.
Demikian informasi mengenai kendala dan kode error Bank BTN beserta solusinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2