-->

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tertelan Mesin


Yang dimaksud dengan ATM tertelan adalah ATM tersebut tertinggal didalam mesin. Setelah kita melakukan transaksi, maka secara otomatis kartu ATM kita keluar dari mesin. Namun ini tidak, karena kartu tidak keluar dan tidak bisa diambil.

Selain tidak bisa transaksi lagi, jika kartu ATM BRI tertelan juga berbahaya. Apalagi jika anda tidak menanganinya dengan benar. Contohnya, kartu keluar kembali lalu diambil orang lain tanpa sepengetahuan anda. Jika orang itu mengetahui PIN anda maka dia akan menguras habis saldo anda.

Baca Juga: Syarat Mengganti PIN Kartu ATM BRI Terblokir atau Lupa 

Untuk menghindari kasus seperti itu, maka anda harus cepat menanganinya. Yaitu dengan cara mengunjungi kantor BRI terdekat untuk melakukan pemblokiran agar saldo aman sampai mendapatkan kartu anda kembali atau bikin kartu baru.

Berikut diembae.com akan memaparkan penyebab, cara mengatasi, dan syarat-syarat yang diperlukan untuk membereskan masalah ini.

Penyebab Kartu ATM BRI Tertelan

1. Kerusakan Pada Mesin atau Error

Ketika mesin ATM error, ada kemungkinan kartu ATM anda tidak bisa keluar lagi atau tertelan seperti yang sudah kita bahas tadi. Namun tidak semua ATM Error seperti itu. Ada juga yang sebaliknya, yaitu ketika kita memasukkan kartu ATM, mesin langsung memuntahkannya. Tapi justru menguntungkan karena anda tinggal mengambil dan pindah mencari mesin ATM lain.

2. Kerusakan Pada Kartu ATM BRI Anda

Kartu ATM yang tertelan tidak semua karena mesin ATM yang error atau rusak. Mungkin karena kartu ATM anda retak, melengkung, patah, terblokir, kedaluarsa, atau terlalu banyak dalam menginput PIN.

Cara memperbaikinya tergantung jenis kerusakan. Jika kartu ATM terblokir tidak harus mengganti baru. Cukup unblock sudah bisa digunakan kembali. Sedangkan jika kartu ATM retak, patah, melengkung, dan kedaluwarsa, anda harus mengganti yang baru.

3. Listrik Mati Tiba-tiba

Mesin ATM membutuhkan energi listrik supaya bisa dioperasikan atau digunakan. Jadi, jika listrik padam maka mesin ATM juga otomatis akan mati.

Jika listrik padamnya sebentar mungkin anda bisa menunggunya. Tapi jika listrik padamnya lama, maka mintalah tolong kepada satpam untuk menjaganya, anda bisa kembali setelah listrik menyala.

4. Kartu ATM Tidak Langsung Dicabut

Ternyata, uang dan kartu ATM jika tidak langsung diambil akan ditarik masuk kembali oleh mesin. Soal saldo tidak perlu khawatir. Jumlahnya akan tetap seperti semula.

Akan tetapi, kartu ATM yang tertelan tidak bisa diambil. Katanya kita hanya diberi waktu 5 detik untuk mencabut uang dan kartu, jadi sebaiknya segera ambil jika kartu dan uang sudah keluar.

Untuk mengatasinya, kita tunggu dulu sebentar, jika tampilan layar seperti saat kartu dimasukkan, maka anda bisa mencoba transaksi: pilih bahasa> masukkan PIN. Kemudian cek saldo sampai selesai. Jika kartu tetap tidak keluar, coba tekan tombol Cancel berkali-kali.

5. Mesin ATM Dipasang Jebakan

Karena keslahan tidak selalu pada mesin ATM dan Kartu ATM. Kesalahan ini juga ada pada anda sendiri yang ceroboh tidak melakukan pengecekkan mesin sebelum menggunakan mesin ATM. Mesin yang aman adalah mesin yang tidak ada benda asing yang mencurigakan.

Benda itu biasanya digunakan penjahat untuk membobol rekening anda. Biasanya benda itu berupa benang, senar, atau batang korek api yang diletakan pada mulut tempat kartu ATM masuk. Tujuannya supaya kartu tersangkut.

Penjahat akan mendatangi dan pura-pura menolong. Lalu ia akan menanyakan PIN kartu ATM anda. Lalu, ia akan menyuruh anda pergi ke kantor cabang Bank. Saat itulah kartu ATM anda di tarik dan disalah gunakan penjahat.

Tindakan pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencatat waktu dan tempat kejadian. Kemudian langsung hubungi BRI call center pada nomor 14017/1500017 atau langsung mendatangi kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan pemblokiran untuk mengamankan saldo anda.

Itulah beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan. Selalu berhati-hatilah karena kejahatan selalu mengintai. Semoga hal ini tidak terjadi pada kita semua. Untuk anda yang mengalaminya, semoga artikel ini membantu.

Iklan Tengah Artikel 2