-->

Cara Sholat Tahajud yang Benar dan Bacaannya

Shalat tahajud adalah salah satu shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Waktu untuk mengerjakannya yaitu di sepertiga malam. Shalat tahaju di kerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Shalat tahajud termasuk shalat sunnah mu'akad atau shalat yang dikuatkan oleh syara'.
Diembae.com telah merangkum do'a, tata cara, waktu, sampai keutamaan dari shalat tahajud.
Do'a dan niat shalat tahajud adalah sebagai berikut:


Niat Shalat Tahajud



Bahasa latin: Ushollii sunnatat tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku (niat). Shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta'ala.

Do'a Shalat Tahajud

Rasulullah telah mengajarkan do'a khusus untuk shalat tahajud. Yaitu do'a shalat tahajud yang di baca sebagai do'a iftitah.


Dari riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu'anhu:



Artinya: "Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada disana. Hanya milik-Mu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada disana. Engkau maha benar. Janji-Mu benar, firman-Mu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.



Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat yang akan datang,  yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Engkau.  (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)".



Tata Cara Shalat Tahajud



1. Membaca niat shalat tahajud yang telah ditulis diatas dengan suara yang pelan saja, dibarengi dengan artinya didalam hati.


2. Setelah membaca niat,  kemudian membaca takbir (Allahuakbar) sambil tangannya diangkat ke atas.


3. Lalu Membaca Iftitah (sunah).


4. Membaca surat Al-Fatihah, kemudian baca surat pendek yang ada dalam Al-Qur'an, seperti Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dll.


5. Lalu lanjutkan seperti shalat pada umumnya, seperti rukuk, sujud hingga salam.


Setelah salam, disunnahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, shalawat, istigfar, kemudian membaca doa'a sholat tahajud.



Waktu Shalat Tahajud


Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah tidur. Dan waktu paling utama adalah di sepertiga malam yang terakhir.


Keutamaan Shalat Tahajud

1. Kedudukan Terpuji

2. Kunci Masuk Surga

3. Shalat Sunnah Paling Utama

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

5. Do'anya dikabulkan

6. Kebiasaan Orang shalih

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

8. Menolak Penyakit



Itulah Cara Sholat Tahajud yang Benar dan Bacaanya. Semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang shalih. Aamiin


Iklan Tengah Artikel 2