-->

Jangan Berikan Kode OTP Kepada Siapapun Apapun Alasannya

 Kode OTP merupakan sebuah kode verifikasi yang digunakan untuk mengindentifikasi pemilik akun yang sebenarnya melalui nomor Handphone yang diguanakan.


Ketika ada SMS masuk berisi notifikasi dengan sendirinya artinya ada seseorang yang mencoba masuk ke akun anda. Verifikasi kode OTP diterapkan di beberapa aplikasi dana, gojek, ovo, shopee, dan sebagainya.

Akhir-akhir ini banyak sekali modus penipuan yang mengatasnamakan sebuah perusahaan terkait sehingga menanyakan kode OTP kepada pengguna dengan mengiming-imingi sebuah hadiah. Dan perlu anda ketahui bahwa apapun alasannya jangan pernah sekalipun anda memberikan kode OTP kepada siapapun.

Jaga kerahasiaan kode OTP yang masuk ke nomor Handphone anda, jangan berikan kepada siapapun bahkan pegawai perusahaan terkait sekalipun.

Seseorang yang menanyakan kode OTP kepada anda, maka dapat dipastikan orang tersebut sedang mencoba masuk ke akun anda di aplikasi tertentu. Hal ini sering dilakukan oleh penipu untuk mengambil alih sebuah akun untuk kepentingan pribadi.

Jika anda terlanjur memberikan kode OTP kepada orang lain, maka sebaiknya segera melakukan tindakan yaitu segera melakukan peeubahan informasi pribadi termasuk nomor Handphone, email, dan password.

Akun anda akan tetap aman setelah anda mengganti semua informasi login ke aplikasi akun yang anda gunakan, hal ini dilakukan untuk mencegah seorang yang berhasil masuk ke dalam sebuah akun menggunakan kode OTP tersebut untuk segera dikeluarkan.

Iklan Tengah Artikel 2