-->

Modus Penipuan Giveaway di Instagram dan Facebook

 Dikarenakan saat ini banyak artis yang melakukan giveaway kepada fans nya, maka hal tersebut banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan berkedok giveaway dan mengatasnamakan artis. Sudah banyak sekali yang menjadi korban penipuan di instagram dan facebook.



Sudah marak sekali akun-akun instagram atau facebook yang mengadakan giveaway, ada yang tujuannya untuk meningkatkan follower, ada yang mempromosikan akun tertentu dan ada juga yang memang digunakan untuk penipuan.

Hadiah yang sering ditawarkan pada giveaway biasanya sebuah smartphone Android atau Iphone, karena banyak juga orang yang tergiur untuk mendapatkan Hp gratis.

Kita sah-sah saja mengikuti giveaway di Instagram atau Facebook, tapi kita juga harus teliti dan lihat dulu siapa yang mengadakannya, pastikan giveaway diadakan oleh akun terpercaya seperti akun official resmi, akun selebgram, akun artis, akun toko online terpercaya dan sebagainya.

Berikut adalah modus penipuan berkedok Giveaway:

Pertama penipu membuat sebuah akun di instagram atau facebook dan mengadakan giveaway palsu, biasanya mereka akan menyiapkan hadiah yang bisa menarik banyak peminat, biasanya berupa handphone Android atau Iphone.

Lalu, penipu akan mengumumkan pemenang beberapa hari kemudian. Penipu akan langsung menghubungi pemenang dan mejelaskan langkah-langkah pengambilan hadiah, sesuai dengan syarat dan ketentuan giveaway yang diadakan bahwa pemenang akan menanggung ongkos kirim atau pajak.

Karena senang, pemenang langsung mentransfer uang sesuai nominal yang ditentukan oleh penipu sebagai biaya ongkir atau pajak. Disinilah letak keberhasilan penipu tersebut. Setelah itu, penipu memblokir korban.

Jadi, jangan terlalu percaya dengan giveaway yang diadakan oleh akun-akun palsu yang justru akan merugikan kalian. Ketika kalian menjadi pemenang giveaway, pastikan kalian jangan mau jika diminta untuk transfer uang, apapun alasannya.

Iklan Tengah Artikel 2