-->

Tata Cara Belanja Online Yang Aman


Akibat pesatnya perkembangan teknologi internet di indonesia, saat ini banyak sekali situs belanja online yang bermunculan. Mereka memanfaatkan situs tersebut untuk membuka toko online yang menjual bermacam-macam barang dan jasa.

Para konsumen tentu semakin tertarik untuk berbelanja karna situs belanja online berlomba-lomba menawarkan promosi untuk menggait pelanggan. Contohnya dengan memberikan harga miring, cashback, sampai promo gratis ongkir (ongkos kirim).

Dengan segala promo yang diberikan tentu saja akan banyak menarik perhatian para konsumen, selain itu belanja online juga bisa memudahkan kita membeli sesuatu tanpa harus pergi ke tokonya langsung, yang kita butuhkan hanya sebuah aplikasi, memesan dan menunggu barang sampai datang ke rumah kita tanpa ribet.

Akan tetapi, selain banyak manfaatnya belanja online juga bisa merugikan kita jika kita tidak berhati-hati. Contoh kasus banyak orang yang tertipu karena harganya yang murah padahal tidak menjajikan barang sampai yang akhirnya uangpun melayang, atau bahkan pesanan kita tidak sesuai dengan apa yang ada di iklan.

Supaya anda semakin nyaman berbelanja di situs belanja online, alangkah baiknya anda mengetahui cara berbelanja dan bertransaksi dengan aman dan nyaman di situs belanja online indonesia, seperti disarankan oleh situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman.

1. Melakukan Penelitian Terhadap Situs Belanja Online

Lakukan cara ini sebelum anda berbelanja online, periksa nomor telepon penjual dan hubungi. jika anda masih ragu, cari nama situs Website tersebut di Google. Cari ulasan dari konsumen yang sudah berbelanja. Jika banyak konsumen yang memberikan komentar negatif dan bintang satu maka sebaiknya tinggalkan, pilih situs belanja yang mendapat komentar positif ulasannya.

2. Lihat Kebijakan Situs Belanja Online

Bacalah kebijakan situs belanja online dalam hal pengembalian barang. Harus ada garansi jika barang yang kita beli ternyata cacat dan boleh diganti barang baru atau pengembalian uang.

3. Budayakan Membaca Deskripsi Produk

Bacalah deskripsi produk dengan cermat. Waspadalah jika ada barang bermerk yang di jual dengan harga yang murah. Bisa jadi barang tersebut palsu atau cacat.

4. Cari Tanda Keamanan Situs Web

Sebelum anda berbelanja pastikan anda mengetahui bahwa situs itu aman. Keamanan situs web tersebut mempunyai tanda yaitu biasanya berupa gambar di baris status (status bar) browser.

Ketika anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Jika alamat situs web berubah dari http ke https artinya informasi pembayaran itu telah dilindungi dan aman untuk transaksi.

5. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah 

Hati-hati jika ada Email masuk yang menawarkan barang dengan harga murah, itu biasanya kejadian spammer. jangan sampai anda masuk ke situs tersebut via e-mail atau jendela pop-up.

6. Pastikan PC Anda Aman

Amankan PC anda dari virus. Salah satu caranya yaitu dengan memasang anti spyware dan firewall. Dan harus terus di update secara teratur.

7. Simpan Bukti Transfer

Jika anda sudah bertransaksi jangan buang bukti transfernya. simpan sebagai bukti jika barang anda tidak kunjung datang.

8. Matikan PC Jika Sudah Bertransaksi

Jika anda sudah bertransaksi jangan lupa mematikan PC karena bisa saja ada yang membobol dan menanamkan malware sehingga mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

Cukup sekian artikel hari ini tentang Tata Cara Belanja Online Yang Aman. Semoga bermanfaat jangan lupa share ya, ke teman kamu.

Iklan Tengah Artikel 2