-->

Doa Sholat Dhuha dan Tata Cara Sholat Dhuha

Diembae.com - Sejak kecil kalian pasti pernah belajar bersama Guru atau orang tua kalian tentang Doa Sholat Dhuha dan Tata Cara Sholat Dhuha.


Banyak sekali manfaat sholat dhuha, salah satunya merupakan sarana untuk memohon rezeki dan ampunan dosa kita. Meskipun dosa kita seluas lautan dan sebesar gunung insaallah dosa kita akan di ampuni.

Baca Juga : 



Jika kita mengerjakan sholat dhuha dengan rajin kita akan dibangunkan sebuah rumah di surga, mendapatkan pahala seperti orang yang pergi Haji dan Umroh, dicatat sebagai orang-orang yang taat, dan akan diberikan rezeki yang cukup bagi hamba-hambanya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

Hukum dan Syarat Sah Mengerjakan Sholat Dhuha

Hukum sholat dhuha adalah sunah, yaitu hukum sunah yang di anjurkan, sebab Rosulullah shallahu alaihi wasallam sendiri mengerjakannya dan menjadikannya sebagai suatu wasiat.

Syarat sah sholat dhuha sebenarnya sama seperti sholat biasanya yaitu harus suci dari hadas kecil dan hadas besar, menutup aurat, pakaian bersih dll.

Tata Cara Sholat Dhuha

Tata cara pengerjaan sholat dhuha yang paling umum dikerjakan 2 rakaat tetapi ada juga yang 4 rakaat dan 8 rakaat.

Berikut ini adalah tata cara sholat dhuha 2 rakaat:

1. Niat sholat dhuha
2. Takbirotul ihram
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surah Al-Fatihah
5. Membaca surah Ad-Dhuha
6. Ruku dengan tuma ninah
7. I'tidal dengan tuma ninah
8. Sujud dengan tuma ninah
9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma ninah
10. Sujud kedua dengan tumaninah
11. Lalu berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
12. Membaca surah Al-Fatihah
13. Membaca surah As-Syams
14. Ruku dengan tuma ninah
15. I'tidal dengan tuma ninah
16. Sujud dengan tuma ninah
17. Duduk diantara dua sujud dengan tuma ninah
18. Sujud kedua dengan tuma ninah
19. Tasyahud akhir dengan tuma ninah
20 . Salam dan membaca doa sholat dhuha

Doa Sholat Dhuha

Allahumma innadhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ibaadakash shoolihiin.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ialah waktu dhuha - Mu, keagungan ialah keagungan - Mu, keindahan adalah keindahan - Mu, kekuatan adalah kekuatan - Mu, penjagaan adalah penjagaan - Mu, Ya Allah, apa bila rizkiku berada di atas langit maka turunkanlah, apa bila ada di dalam bumi keluarkanlah, apa bila sukar mudahkanlah, apa bila haram sucikanlah, apa bila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha - Mu keagungan - Mu, keindahan - Mu dan kekuatan - Mu berikanlah kepadaku apa yang engkau berikan kepada hamba- hamba Mu yang shalih.

Mengerjakan shalat dhuha dengan sedikit rakaat lebih baik daripada banyak rakaat tapi tidak khusyuk. Hendaknya shalat dhuha dilakukan secara istiqomah dan rutin agar dapat memperoleh keutamaan-keutamaan yang telah disebutkan tadi diatas. Selain itu,  membaca Al-Qur'an setelah shalat dhuha juga dianjurkan karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca Al-Qur'an.

Itulah keutamaan doa shalat dhuha dan tata cara shalat dhuha yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.  Semoga kita menjadi hamba Allah yang taat,  sholeh dan sholehah, semoga rezeki kita senantiasa dipermudah oleh Allah SWT.  Aamiin..

Iklan Tengah Artikel 2