-->

Syarat Mengajukan Pinjaman ke Bank BJB Syariah

Diembae.com-Uang merupakan sebuah alat tukar utama yang digunakan untuk membeli macam-macam kebutuhan. Ketika harga-harga kebutuhan mengalami pelonjakan, maka tidak heran jika masyarakat mengalami kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Di saat seperti itulah, masyarakat akan melakukan pinjaman kesana kemari demi mencukupi kebutuhannya tersebut. Mungkin ada yang meminjam ke saudara, tetangga, bahkan meminjam ke Bank.

Namun, untuk melakukan pinjaman ke Bank atau lembaga finance dibutuhkan persyaratan untuk mengajukannya.

Baca Juga: Cara Daftar SMS Banking Bank BJB Lewat ATM

Untuk anda yang ingin mengajukan pinjaman ke Bank BJB Syariah, persiapkan dan lengkapi persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pinjaman dana yang diajukan bisa segera cair. Berikut ini adalah persyaratan umum yang biasanya digunakan untuk mengajukan pinjaman di Bank.

1. Identitas Diri

Identitas diri yang harus dilengkapi ketika meminjam uang di Bank adalah KTP,  SIM, atau yang lainnya.  Biasanya,  KTP merupakan identitas diri yang sangat wajib disertakan untuk mengajukan pinjaman. Jika anda belum menikah, harus menggunakan KTP sendiri dan kedua orang tua sebagai pihak penjamin. Jika anda sudah menikah, maka wajib menyertakan KTP suami dan istri.

2. Akta Menikah

Selain KTP, syarat yang paling penting disertakan selanjutnya adalah akta nikah. Akta nikah ini juga cukup menentukan keberhasilan dari pengajuan anda. Dokumen ini dijadikan bukti bahwa pinjaman yang diajukan merupakan keputusan bersama.

3. Kartu Keluarga

Kartu keluarga biasanya digunakan untuk melihat jumlah tanggungan dari calon peminjam. Biasanya jika jumlah orang yang di tanggungnya terlalu banyak, maka peluang cairnya pinjaman akan sulit.

4. Buku Tabungan

Sebelum mengajukan pinjaman, anda harus melampirkan cetakan transaksi selama 3 bulan terakhir.  Cetakan transaksi tersebut digunakan pihak Bank untuk melihat saldo anda.

5. Slip Gaji

Untuk mengajukan pinjaman, sebaiknya anda mengajukan pinjaman dengan nominal yang sesuai dengan gaji anda. Tujuannya agar pihak Bank percaya bahwa anda memang mampu membayar angsuran pinjaman tersebut.

6. Nomor Pokok Wajib Pajak / NPWP

NPWP digunakan pihak Bank untuk mempertimbangkan pinjaman dana yang diajukan.

7. Surat Izin Usaha

Surat izin usaha ini dilampirkan sebagai ganti slip gaji bagi para pengusaha yang ingin mengajukan pinjaman dana. Hal ini bisa dipertimbangkan oleh pihak Bank dalam mencairkan peminjaman yang anda ajukan.

Itulah beberapa Persyaratan Mengajukan Pinjaman ke Bank BJB Syariah. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2