-->

Penyebab dan Cara Mengatasi Handphone Yang Cepat Panas

Berbeda dengan Hp jadul atau jaman dulu, Hp jaman sekarang atau biasa disebut smartphone mempunyai banyak komponen yang fungsinya pun sangat beragam. Karena komponennya yang banyak, maka tak heran jika hp akan lebih cepat panas.


Penyebab hp cepat panas sebenarnya banyak bisa dari faktor internal seperti baterai bisa juga dari faktor eksternal seperti casing atau suhu ruangan yang panas.

Baca Juga :

Solusi Jika Telanjur Memberikan Kode OTP Shopee Kepada Orang Lain
Aplikasi Pengubah Video ke MP3
Cara Cek Nomor Handphone Lengkap

Nah berikut ini diembae.com telah merangkum 5 penyebab hp cepat panas beserta cara mengatasinya.

1. Baterai Hp Rusak

Jika bagian Hp belakang cepat panas, bisa jadi penyebab utamanya adalah baterai. Baterai yang sudah rusak akan lebih cepat panas dibanding baterai yang baru. Solusi nya yaitu bawa ke tempat service dan minta diganti baterai. Atau jika baterai nya mengembung anda bisa memasukkan nya ke dalam freezer.

2. Charger Rusak

Jika bagian hp yang cepat panas di dekat port charger, maka bisa jadi penyebabnya adalah charger yang digunakan rusak atau bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang di butuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai akan menyebabkan panas meskipun baterai sudah penuh. Solusinya yaitu dengan mengganti charger dengan yang original atau memiliki output sesuai dengan yang dibutuhkan hp

3. Menggunakan Hp Saat di Charger

Menggunakan hp saat sedang di charge akan menyebabkan baterai lebih cepat panas karena kinerja baterai lebih berat.  Jika terus menerus dilakukan maka baterai akan mengembung bahkan sampai meledak. Jadi, sebaiknya anda tunggu saja samapi isi ulang baterai nya selesai, setelah itu baru anda gunakan kembali.

4. Terpapar Panas Dari Luar

Hp bisa menghasilkan panas sendiri saat kinerjanya meningkat dan terlalu banyak menghabiskan tenaga. Sumber panas utama dari Hp adalah baterainya sendiri. Karena hp bisa menghasilkan panas sendiri, jadi hindari terpapar panas dari luar. Panas yang tinggi dari luar bisa menyebabkan hp cepat panas dan merusak komponen didalamnya. Solusinya, hindari meletakkan hp terlalu lama di tempat panas seperti dekat kompor, dekat microwave, dibawah sinar matahari langsung, dashboard mobil, jok motor, dan lain-lain.

5. Terlalu Banyak Aplikasi

Jika di dalam hp terlalu banyak aplikasi yang berjalan, maka akan menguras banyak baterai. Semakin banyak baterai terkuras maka hp akan semakin cepat panas. Untuk mengetahui aplikasi yang rakus baterai anda bisa cek di setting > battery. Kemudian solusinya adalah matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan cegah aplikasi tersebjt restart secara otomatis. Atau uninstall saja aplikasi yang tidak begitu penting.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas yang kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2