-->

6 Penyebab Kartu ATM BNI tidak bisa Transaksi beserta Solusinya

 Diembae.com - Setiap nasabah membuka rekening tabungan di Bank, pasti nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan dan kartu ATM. 

Salah satu contohnya bank BNI. Nasabah bank BNI pasti mendapatkan kartu ATM untuk melakukan transaksi lewat mesin ATM yang sudah disediakan oleh pihak Bank.

Selain bisa melakukan transaksi di mesin ATM BNI, kartu ATM BNI juga bisa melakukan transaksi di mesin ATM lain, seperti BCA, BRI, Mandiri, dan sebagainya.

Baca Juga

Banyak transaksi yang bisa nasabah lakukan dengan menggunakan kartu ATM. misalnya untuk transfer uang, cek saldo, mengambil uang, membayar tagihan seperti tagihan listrik, PDAM, pesanan di e-commers, membeli token listrik, pulsa, dan masih banyak lagi.

Semua bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Namun, tidak sedikit nasabah BNI yang mengalami kendala yaitu tidak bisa melakukan transaksi melalui ATM, bahkan transaksi gagal.

Penyebab kartu ATM tidak bisa transaksi bermacam-macam, dan solusi untuk mengatasinya pun beragam sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu, diembae.com akan menyajikan informasi mengenai penyebab kartu ATM tidak bisa transaksi dan cara mengatasinya berikut ini. 

1. Mesin ATM Rusak

Sebelum Anda memasukkan kartu ke mesin ATM, pastikan terlebih dahulu bahwa kartu ATM anda dalam keadaan baik.

Jika pada kartu ATM terdapat goresan di pita hitam, terkelupas, atau patah maka anda tidak bisa melanjutkan transaksi karena kartu ATM akan otomatis di tolak oleh mesin ATM.

Solusinya, Andah harus mengganti atau membuat kartu ATM yang baru agar Anda bisa melakukan transaksi kembali menggunakan kartu ATM. Untuk syarat dan cara mengganti kartu ATM BNI klik disini.

2. Mesin ATM Rusak

Tidak sedikit nasabah yang mengalami kendala transaksi gagal saat menggunakan mesin ATM. tapi tidak perlu khawatir, biasanya mesin ATM yang sudah lama sering mengalami kerusakan seperti itu sehingga tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Solusinya, jika Anda telah melakukan transaksi tapi gagal, anda tetap harus cek terlebih dahulu saldo Anda. Pastikan bahwa saldo anda aman dan tidak terpotong. Selanjutnya anda bisa melakukan transaksi di mesin ATM lain. Namun jika saldo terpotong, segera datangi kantor cabang Bank BNI terdekat untuk mengurusnya.

3. PIN ATM Salah

Saat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, pasti anda akan di minta untuk memasukkan 6 digit nomor PIN. Pastikan anda memasukkan PIN ATM dengan benar.

Jika anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka kartu ATM anda akan di blokir.

Solusinya, Jika kartu ATM Anda terblokir karena salah memasukkan PIN ATM, maka anda harus mendatangi kantor cabang bank BNI untuk menggantinya dengan kartu yang baru.

Cara Ganti Kartu ATM BNI: Syarat dan Biaya

4. Transfer Uang Gagal

Saat Anda hendak transfer uang tapi ternyata gagal atau transaksi di tolak, maka penyebabnya bisa beragam. Ada beberapa kemungkinan. Misalnya salah memasukkan nomor rekening tujuan, tidak memasukkan kode bank atau kode bank salah, atau saldo dalam rekening tidak mencukupi.

Solusinya, Pastikan nomor rekening tujuan, kode bank, dan saldo ATM anda mencukupi untuk melakukan transaksi.

5. Uang dalam Mesin ATM sudah Kosong

Jika Anda hendak melakukan penarikan tunai dari mesin ATM, tapi uang tidak keluar atau gagal biasannya uang yang ada di dalam mesin ATM sudah habis atau kosong.

Solusinya, Anda bisa pindah ke mesin ATM lain untuk melakukan penarikan. Tapi sebaiknya cek terlebih dahulu saldo ATM anda di khawatirkan saldo Anda terpotong saat gagal penarikan tunai.

6. Kartu ATM Keluar Sendiri

 Tidak sedikit juga nasabah yang mengalami kartu ATM keluar sendiri saat transaksi. 

Solusinya, jika Anda mengalami hal seperti itu sebaiknya jangan lanjutkan transaksi di mesin tersebut. Pindah lah ke mesin ATM lain, karena jika dipaksakan dikhawatirkan kartu ATM malah tertelan.

Tapi jika di beberapa mesin ATM tetap mengalami hal yang sama, maka kemungkinan kartu ATM anda yang rusak dan harus di ganti.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kartu ATM tidak bisa transaksi beserta solusinya yang dapat kami sajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2